Main Kano Yuuuuuuuuk

Berkayak Terjauh dari Batam ke Penyengat

KEPUASAN, itulah kata paling tepat saat kita mampu mengarungi lautan dengan menggunakan sampan kecil yang kita dayung sendiri. Bukan karena bantuan mesin atau pun layar. Walaupun badan terasa letih dan dahaga melanda tenggerokan karena teriknya mentari, bukanlah menjadi kendala, melainkan tantangan yang patut ditaklukan.
Apalagi bila berhasil mengarungi lautan dengan jarak tempuh lebih dari 30 km. Seperti yang dilakukan para pecinta kayak yang tergabung dalam club Sekilak Adventure. Pada Sabtu (3/6) lalu, tim yang beranggotakan sekitar 50 orang ini berhasil menaklukan kuatnya ombak dari Pulau Batam ke Pulau Penyengat.
Terbayang kan jauhnya? Untuk sampai ke Pulau Penyengat memerlukan waktu yang lumayan lama, sekitar 11 jam. Rombongan mulai mengayuhkan dayung sekitar pukul 05.30 WIB dari Desa Sembulang Kecamatan Galang. Letak desa ini sekitar 10 km dari jalan raya Barelang Jembatan Empat.
Perjalanan terpanjang ini memang harus ditempuh subuh hari, karena memperhitungkan angin dan pasang surut yang sudah akan mengeringkan air di pantai Sembulang. Ekspedisi kali ini memang diikuti para kayaking yang sudah berpengalaman, minimal mereka telah mengikuti ekspedisi kayak sebelumnya dua kali.
“Syarat utama ini memang mutlak untuk menghindari terjadinya kelelahan dalam perjalanan,”ujar Ismail, koordinator Sekilak Adventure. Pria yang akrab dipanggil Wak Leng ini, selalu bertugas sebagai juru arah setiap kali ekspedisi digelar.
Mengingat jauhnya laut yang ditempuh, di tengah perjalanan tidak sedikit perserta yang hampir putus asa. “Rasanya tidak mungkin bisa sampai ke Penyengat, tapi ternyata sampai juga. Tiada kata lain selain takjub. Ternyata saya mampu mendayung menelusuri sebagian perairan Batam sampai ke Penyengat dengan tenaga saya sendiri,” ungkap Vita, anggota Sekilak Adventure. (nix)

Yang Pemula Pun Bisa Ikut
TIDAK
ada syarat apapun, bagi yang berminat mengikuti ekspedisi Kayak Adventures untuk jarak-jarak dibawah 10 km. Yang penting memiliki keberanian dan jiwa petualang. Para pemula yang sama sekili belum pernah mengenalnya pun, bisa ikut. Sebab, bagi pemula akan didampingi seorang tekong. Tekong adalah istilah Melayu untuk seseorang yang bertugas sebagai pemimpin dalam sebuah pelayaran baik menggunakan perahu, sampan, maupun kayak.
Formasinya, pemula akan menggunakan kayak double yang diisi dua orang. Pemula duduk di bagian depan, sedangkan tekong duduk di bagian belakang. Tekong inilah yang akan memandu jalannya kayak selama ekspedisi. Pemula tinggal mengikuti perintah dari tekong tersebut.
Lagipula, sebelum melakukan ekspedisi, para peserta akan dibekali dengan beberapa pengetahuan penting seputar kayak, seperti, bagaiaman cara mendayung, menyelamatkan diri saat kayak terbali, dan simbol-simbol saat berada di tengah laut. Ditambah lagi, ekspedisi akan selalu ditemani dengan satu tim penyelamat yang menggunakan speed boat. Satu hal yang tidak pernah dan pantang dilupakan adalah penggunaan live jacket.
rogram ekspedisi ini, lanjut pria asal Belakang Padang yang juda tim promosi, dibuat secara berkala tiga bulan sekali. Tapi bagi yang hendak bermain setiap hari bisa datang langsung ke lokasi wisata Kampung Melayu di Batu Besar. Disana telah disiapkan satu arena kayak yang  bernama Teluk Penyu. Beberapa pelatih pun siap setiap saat untuk membimbing. (nix)

Yang Penting Pakai Pelampung
* Tips Berkayak di Laut Lepas

BERMAIN kayak, ternyata tidak susah. Bahkan, pengalaman beberapa orang menyebutkan, yang tidak bisa berenang dan tidak pernah memegang dayung sekalipun, bisa langsung berkayak di laus lepas. Asalkan, beberapa menit sebelum praktik, ikut pemanasan dan latihan mendayung yang diperagakan para instruktur kayak. Latihan mendayung tersebut, dilakukan bukan diatas air, melainkan di atas tanah.
Satu hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan setiap orang yang hendak berkayak adalah pemakaian baju pelampung. Ini sangat vatal, karena berfungsi sebagai penyelamat saat terjadi insiden, kayak terbalik dan Youngsters jatuh ke dalam air. Dengan pelampung tersebut, kamu tidak perlu takut akan tenggelam, karena bisa bertahan selama dua jam di atas air, sambil menunggu pertolongan.
Pelampung inilah, alat yang menyelamatkan orang yang bermain kayak tetapi tidak punya kemampuan berenang. Bagi yang amatir bermain kayak, perjalanan di laut lepas, haruslah didampingi regu penyelamat yang terdiri atas kayak rescue dan bout rescue. Sehingga, saat terjadi insiden, dalam waktu singkat bisa teratasi. (nix)
Pendaftaran Ekspedisi Kayak
Sekilak Adventure/Sekilak Tour and Travel
Komp Nagoya Garden Blok G/14
Jl Teuku Umar Lubuk Baja
Tel : 0778-458477
Atau Datang Langsung ke Lokasi Wisata
Kampung Melayu Batu Besar

One thought on “Main Kano Yuuuuuuuuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s