Uri-Cran, Cara Ampuh Usir Anyang-Anyangan Kamu

HI LADIES! Pernah gak kamu dilarang minum air panas dicampur dengan air dingin karena bisa menyebabkan anyang-anyangan?  Saya sering mendapatkan larangan ini baik dari almarhumah ibu saya maupun dari kakak-kakak saya.

Sebenarnya hal itu mitos atau beneran sih? Lalu apa pula penyebab anyang-anyangan yang selalu mendera kaum hawa dan bagaimana mengatasinya? Sssttt… ternyata anyang-anyangan itu tidak hanya diderita perempuan loh, tetapi kaum lelaki juga. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita bahas ini lebih detail.

Saya mulai pembahasan dari mitos tidaknya minum air hangat penyebab anyang-anyangan.

Waktu saya hamil anak kedua, dari awal kehamilan sampai melahirkan, saya itu paling gak bisa minum air putih biasa. Kalau tidak yang panas, ya dingin sekalian (air dari kulkas atau dikasih batu es). Bayangkan saja, sembilan bulan tanpa mengonsumsi air putih biasa? Rasanya memang lumayan tersiksa.

Selama hamil, saya juga sering mencampurkan air sangat panas dengan air dingin supaya airnya jadi hangat. Saat hangat itulah saya minum banyak, karena setelah dingin saya tidak akan menyentuhnya lagi, kecuali diberi es batu.

Rasanya, kalau minum air putih biasa tidak bisa melewati tenggorokan. Beberapa kali saya mencoba untuk menelannya, hasilnya adalah muntah-muntah.

Sebenarnya saya ingin melawan kondisi ini dengan tekad,” Saya pasti bisa menelan air putih biasa.” Tapi ternyata hal itu tidak pernah berhasil.

Selama masa hamil itu, rasanya saya sangat ingin meminum air putih biasa sebanyak-banyaknya, bahkan rasanya saya ingin menenggak semua air yang ada di ceret. Tapi apa daya, setetes pun tidak pernah berhasil membuat perut saya tidak mual.

Entah ini hanya sugesti ngidam atau tidak, saya tidak begitu paham. Yang saya pahami, begitu memasukkan air putih biasa ke mulut, rasanya sangat mual dan saat saya paksa menelannya, saya pun langsung muntah-muntah.

Anehnya, ketika hamil, saya sanggup meminum air panas yang baru mendidih secara perlahan. Sampai-sampai suami dan orang lain yang melihat saya terheran-heran, masih panas sudah diminum. Saat meminumnya saya tidak merasa itu panas. (Hehehe seperti punya ilmu kebal ketika itu)

Nah, melihat perilaku saya yang tidak wajar itu, suami dan kakak-kakak saya khawatir, kalau saya bisa terkena anyang-anyangan. Ya karena mereka percaya, minum air panas  yang dicampur dingin itu bisa menyebabkan anyang-anyangan. Mereka khawatir, dalam kondisi hamil yang memang bawaannya sering pipis, ditambah lagi anyang-anyangan, akan semakin menyulitkan saya.

Kebiasaan saat hamil, sempat saya tanyakan kepada dokter kandungan langganan saya. Menurut dokter tersebut, ternyata meminum air panas, dingin, atau campurannya saat hamil tidak akan berdampak apa-apa baik pada janin maupun ibunya. Minum panas dicampur dingin, juga tidak akan menyebabkan anyang-anyangan. Dia menekankan, yang penting ibu hamil tetap harus minum banyak baik dingin, panas, maupun hangat.

Justru, kata si dokter, jika kekurangan minum bisa menyebabkan dehidrasi dan berkemungkinan mengakibatkan anyang-anyangan.

Apakah penyebab anyang-anyang itu?

Sebelum membahas penyebab anyang-anyangan, kita tahu dulu apa sebenarnya anyang-anyang itu. Secara umum anyang-anyangan adalah rasa ingin buang air kecil (kencing atau pipis) yang sangat sering namun setelah keluar, volume pipisnya tidak banyak, melainkan sedikit-sedikit.

Anyang-anyangan ini ternyata tidak hanya bisa mendera wanita, tetapi juga pria. Tapi umumnya memang lebih banyak wanita ketimbang pria. Menurut data yang dilansir http://uricran.co.id/, lima dari 10 wanita itu pernah menderita anyang-anyangan.

Secara umum, anyang-anyangan disebabkan oleh dua faktor yakni infeksi saluran kencing (ISK) dan overattentive bladder.

Mari kita bahas penyebab pertama. Penyebab ISK ini, salah satunya ternyata dikarenakan hal yang sangat sepele yang pasti kita lakukan setiap hari yakni soal cara beristinjak (cebok). Ketika membasuh areal vital saat selesai buang air besar, jangan lakukan dari belakang ke depan, melainkan sebaliknya dari depan ke belakang.

Orang yang sering istinjak dari belakang ke depan, biasanya adalah yang menggunakan toilet duduk dan semprotan air. Posisi duduk di toilet memang menyulitkan penggunanya untuk menyemprotkan air dari depan ke belakang sambil membersihkan area anus. Lebih mudah melakukannya dari belakang ke depan.

Agar metode membersihkan areal vital tidak keliru, paling mudah dilakukan dalam posisi jongkok karena gampang menyiramkan air dari posisi depan ke belakang baik menggunakan semprotan maupun gayung.

Mengapa cara membersihkan areal vital dari belakang ke depan berbahaya dan bisa menyebabkan anyang-anyangan?

Ini karena posisi saluran kencing yang sangat dekat dengan anus. Ketika kita membersihkan anus dari arah belakang ke depan, maka sisa kotoran yang mengandung banyak bakteri bisa masuk dengan mudah ke saluran kencing. Bakteri inilah yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Jika sudah infeksi, maka anyang-anyangan bisa terjadi.

Apa ciri-ciri seseorang menderita anyang-anyangan?

  1. Gejalah yang paling utama adalah merasa ingin buang air kecil dalam waktu yang sangat sering.
  2. Volume saat buang air kecil juga tidak banyak, melainkan sedikit-sedikit.
  3. Saat buang air kecil, terasa perih dan air seni pun bau menyengat, warnanya lebih pekat, bahkan jika sudah parah ada mengandung darah
  4. Gejalan lain pada wanita adalah mengalami nyeri pada pinggul dan perut bagian bawah, sementara pada pria, ada nyeri pada bagian anus.
  5. Sering merasa cepat lelah dan tidak fit yang kadang disertai demam.

Menurut dr Devintha Tiza Ariani, SpU, dari RS Pondok Indah – Puri Indah, dikutib dari detik.com, jika seseorang mengalami lima gejalah di atas, baiknya secepatnya ke dokter dan melakukan tes terhadap bakteri yang ada di saluran kemih.

Jika ternyata, tidak ada bakteri yang menyebabkan infeksi, bisa jadi orang tersebut mengidap overattentive bladder, yakni kandung kemih yang terlalu aktif sehingga terjadi gangguang kontraksi pada otot polos kandung kemih. Ini adalah penyebab kedua anyang-anyangan selain ISK.

Akibat kontraksi tersebut, menyebabkan kebocoran asetikolin yang  menstimulasi saraf. Jika ini terjadi, orang tersebut sering berhasrat buang air yang tidak tertahankan bahkan bisa ngompol.

Bagaimana Mengatasi Anyang-Anyangan?

Anyang-anyangan jangan dianggap sepele. Selain urusan medis, ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa dibayangkan, bagaimana repotnya ketika harus belanja, mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak, tetapi juga harus terus-terusan ke kamar mandi.

Lebih repot lagi, jika harus kerja di kantor, menghadiri meeting, bahkan presentasi di depan klien, tapi tidak bisa dilakukan maksimal gara-gara berkali-kali harus ke kamar mandiri.

Setelah mengetahui dua penyebab utama anyang-anyangan, tentu saja harus tahu bagaimana mengatasi jika hal itu terjadi.

Nah, sekarang itu sudah ada obat yang dijual umum untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan yakni Prive Uri-Cran yang diproduksi Combiphar. Uri-Cran ini diolah dari buah cranberry. Buah cranberry yang rasanya asam, bahkan kecut itu, ternyata mengandung banyak vitamin.

uni cran
Dua produk Prive Uri-Cran, bubuk dan kapsul. Foto diambil dari uricran.co.id

Dari yang saya baca dari http://uricran.co.id/buah cranberry ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, serta quercetin dan memiliki senyawa fitokimia.

Senyawa fitokimia ini adalah salah satu sumber anti oksidan polifenol. Tidak mengherankan jika buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, dengan begitu, buah ini juga dapat mencegah infeksi saluran kemih.

berry
Buah Cranberry. Foto diambil dari unicran.co.id

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Kini, ekstrak buah cranberry mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

maroef-sjamsoedin-hadiri-sidang-mkd_20151203_194702
Skema penyebab anyang-anyang dan bagaimana Uri-Cran bekerja mengatasinya. Foto diambil dari uricran.co.id

Semua khasiat cranberry itu ada pada produk Uri-Cran baik dalam bentuk kapsul maupun bubuk. Khusus untuk Uni-Cran bubuk (Uni-Cran plus) bisa diminum layaknya penghilang dahaga. Rasa manisnya pas dan enak, apalagi dicampur air dingin, SEGERE POLL! (sri murni)

2 thoughts on “Uri-Cran, Cara Ampuh Usir Anyang-Anyangan Kamu

  1. Nice info mbak.
    Benar adanya cara cebok yg salah bisa menyebabkan penyakit.

    Anyang anyangan biasanya mendera anak anak yg saya tahu.

    Tfs

Leave a Reply

