Pilih Mana Ya, AC Split atau Air Cooler untuk Kamar Anak?

LAGI bingung ni pilih-pilih pendingin ruangan alias air conditioner (AC) untuk kamar si kecil.

Masalahnya, si Kakak Azka yang sudah setahun terakhir tidur di kamar sendiri selalu mengeluh dengan panasnya cuaca. Kipas angin berdiri alias standing van yang ada di kamarnya dirasakan tidak mampu memberikan hawa sejuk.

Tidak dipungkiri, cuaca di Batam memang terbilang panas dan selalu gerah siang dan malam. Apalagi cuaca di sini agak sulit diprediksi. Musim hujan, kalau di bagian Indonesia lainnya, umumnya terjadi mulai September sampai awal tahun dan kemarau mulai awal tahun sampai Agustus, tapi di Batam tidak bisa ditentukan.

img_20161004_083916

Foto: Salah satu sudut kota Batam dalam cuaca cerah.

Berdasarkan berita Tribun Batam yang saya baca, di Batam ini hujan turun dengan curah tinggi biasanya terjadi di bulan Mei dan Desember. Sementara di bulan lainnya, hujan turun sangat minim.

Dengan kata lain, cuaca di Batam sepanjang tahun memang cenderung kemarau alias panas. Pantas saja kalau Kakak Azka mengeluh kalau kamarnya gerah dan tidur kurang nyenyak.

Saya dan suami lagi menimbang-nimbang ni apakah beli AC split atau air cooler. Yang pasti kami berminat dengan koleksi AC mini terbaik di antara dua jenis pendingin ruangan itu.

Biar kita sama-sama punya referensi untuk dua pilihan itu, saya paparkan perbedaan termasuk plus dan minusnya ya:

  1. Model. Kalau AC split pasti modelnya ya kotak menempel di dinding dengan dua perangkat indoor dan outdoor. Perangkat indoor untuk mengeluarkan udara dingin dan outdoor merupakan kompresor alias mesin AC itu sendiri. Sementara air cooler, modelnya floor standing alias berdiri di atas lantai. Kalau bentuknya macam-macam, ada yang bulat, persegi panjang, kotal, da ada juga yang oval.
  2. Ukuran. AC split biasanya dimensi fisik standar dengan panjang antara 70-100 cm, lebar 30-an cm dan tinggi 20-an cm. Sedangkan air cooler, dimensinya jauh lebih beragam. Ada yang sangat mini dengan tinggi kurang dari 50 cm dan ada pula yang lebih satu meter.

    This slideshow requires JavaScript.

    Foto: beberapa contoh air cooler yang dijual promo di mataharimall.com

  3. Tingkat Suhu . AC split tentu saja memiliki tingkat suhu dingin yang lebih ketimbang AC portable. Jangkauan suhu dinginnya AC Split juga lebih luas tergantung ukuran PK yang ada di dalamnya. Ada lima ukuran PK yakni ½, ¾, 1, 1.5, 2, dan 2.5 PK. PK berapa yang sebaiknya dipakai? Sangat tergantung dengan luas kamar dan tinggi plafon. Untuk kamar Azka yang luasnya 3×3 meter dengan tinggi plafon standar 2,5 meter, AC split ½ PK sudah cukup. Kalau menggunakan air cooler, tidak bisa menjangkau seluruh sudut kamar. Pengalaman saya, enam tahun lalu pakai air cooler (sekarang sudah rusak), terpaksa posisinya didekatkan ke tempat tidur agar bisa merasakan suhu dinginnya. Agar lebih dingin, biasanya ditambahi es batu atau air dingin ke tabungnya.

This slideshow requires JavaScript.

Foto: beberapa contoh air conditioner yang dijual promo di mataharimall.com

  1. Aplikasi. Untuk aplikasi alias pemasangan, air cooler pastinya sangat gampang. Gak perlu tukang karena begitu dibeli, bawa pulang, dan dicolokin ke listrik. Bisa dipindah-pindah dengan mudah dan ditempatkan dimanapun kita mau. Tapi AC Split pastinya jauh lebih rumit dan harus panggil tukang plus biaya pemasangan (ada juga beli AC sudah termasuk biaya pemasangan). Perangkat indoor dan outdoor harus dipasang di dinding dan perlu melubangi dinding untuk menyambungkan pipa di antara perangkat outdoor dan indoor.
  2. Perawatan. Perawatan air cooler jauh lebih gampang dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, harus sering-sering memeriksa ketersediaan air di dalam AC tersebut agar suhu dingin tetap terasa. Sementara perawatan AC split biasanya dilakukan oleh jasa service AC dan kita harus merogoh kocek lagi.
  1. Harga. Harga AC Split baru pastinya lebih mahal di atas Rp 2 juta untuk ukuran terkecil (1/2 PK). Sedangkan air cooler lebih terjangkau. Bahkan ada yang dibawah Rp 1juta.

Begitulah perbandingan plus dan minus AC split dan air cooler Anda pilih yang mana? Sangat tergantung pada tingkat kebutuhan. Untuk referensi Anda bisa meng-hunting model lengkap dengan spesifikasi dan harga di mataharimall.com.

Semoga mendapatkan koleksi AC mini terbaik ya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s