ZEN ROOMS Near Purimas, Buat Keluarga Aja Asik Apalagi Backpackers

LELAH setelah satu pekan kerja, tidak ada salahnya merilekskan diri bersama keluarga dengan menginap di hotel.
Tidak perlu menginap di hotel berbintang yang tentu berharga mahal, menginap di hotel budget juga sangat menyenangkan.
Hotel-hotel budget dengan tarif terjangkau kini banyak bertebaran di Batam.
Salah satunya adalah Zen Rooms Near Purimas, Batam Centre.
Sebenarnya nama hotel ini bukanlah seperti yang saya tuliskan, Zen Rooms Near Purimas, melainkan Kaliban Hotel yang terletak di Komplek Purimas Residence Blok C 25-28, Batam Centre.
Saya pakai nama Zen Rooms Near Purimas, karena mendapatkan hotel ini dari pencarian di dunia maya via zenrooms.com.
Hotel ini terbilang cukup strategis karena tidak begitu jauh dari pusat perbelanjaan Mega Mall dan Pelabuhan Internasional Batam Centre.

IMG_20160731_090449

Foto: Zen Rooms Near Puri Mas, Batam Centre.

Kalau naik motor atau ojek atau taxi, ya kurang lebih 10 menitlah, sudah termasuk lampu merah dan macet sedikit.
Strategisnya lagi, hotelnya juga dekat dengan pusat pemerintahan seperti Kantor Wali Kota Batam, DPRD Batam, Kejaksaan Negeri, Pengadikan Negeri, Samsat, Graha Kepri, Polsek Batam Kota dan sejumlah kantor-kantor pemerintahan lainnya.
Nah, karena lokasinya yang dekat pusat pemerintahan, jika ada yang datang ke Batam dengan urusan pemerintahan, gak ada salahnya memilih hotel ini.
Sementara bagi para pelancong termasuk backpackers juga gak ada ruginya pilih hotel ini karena dekat dengan Pelabuhan Internasional Batam Centre. Juga tidak terlalu jauh dari Bandara Hang Nadim, sekitar 30 menit.
Sementara ke pusat kota Nagoya sekitar 20 menit. Dan ke spot-spot wisata lainnya ya kurang lebih 30 menit naik taxi atau ojek.

Harga Ekonomis Kamar Berkelas

Karena weekend kali ini saya menginap di Zen Rooms Near Purimas, bersama suami dan dua putri kami, saya memilih kamar delux king dengan tempat tidur king size tentunya.
Di hotel ini ada empat macam kamar yang tersedia yakni superior, deluxe King, Deluxe Twin, dan suite. Harga normalnya, jika booking langsung ke hotel, masing-masing, Rp 380 ribu, Rp 480 ribu, Rp 480 ribu, dan Rp 550 ribu.
Namun jika booking via zenrooms.com dan memilih hotel Zenrooms Near Purimas, bisa mendapatkan harga lebih murah dari tarif normal karena ada diskon tertentu yang disediakan.

Foto: Interior Deluxe King 705

Weekend ini, saya dan keluarga menginap di kamar Deluxe King dengan nomor kamar 705.  Ini berarti kami mendapatkan kamar di lantai paling atas karena hotel ini memang hanya memiliki tujuh lantai. Uniknya, ini hotel tidak memiliki lantai keempat (angka empat tidak dipakai). So, kalau dihitung-hitung lantainya cuma enam sih.

Menginap di 705, rasanya memang seperti menginap di hotel berbintang. Luas kamarnya cukup lumayan kurang lebih 24,5 meter persegi. Ukuran tempat tidurnya juga cukup luas dan cukup lega untuk kami berempat, saya, suami, satu putri usia 5,5 tahun, dan si kecil usia hampir 3 tahun.
Di dalam kamar tersedia lemari, meja rias merangkap meja kerja, nakas kanan dan kiri, AC, telepon, dan TV. Kamar ini minusnya tidak dilengkapi kulkas sehingga tidak dapat menyimpan minuman dingin, termasuk susu UHT untuk anak-anak saya.
Meskipun demikian, di meja tersedia pemanas air lengkap dengan teh, kopi, gula, dan krim saset, ditambah tiga botol air mineral dan dua tea cup.

IMG_20160730_225952

Foto: Sajian di atas meja di kamar 705

Letak kamar 705 berhadapan dengan jalan raya. Plusnya, kami disuguhi pemandangan yang hidup karena bisa melihat aktivitas lalulintas jalan raya plus pemukiman warga menengah ke atas yang ada di sekeliling hotel. Minusnya, sedikit bising karena suara kendaraan.
Tapi kebisingan itu tidak mengganggu karena tertutupi dengan pemandangan kerlap kelip lampu pemukiman warga saat malam hari. Dan anak-anak saya suka pemandangan lampu-lampu itu.

IMG_20160730_180417

Foto: Pemandangan dari kamar 705

Pagi hingga siang hari, kami bisa membuka jendela dan menikmati hembusan angin alami yang segar. Tidak menghidupkan AC pun rasanya sudah semriwing…segar…..
Untuk urusan kamar mandi, kami merasa nyaman karena ukurannya lumayan luas dan lengkap dengan shower, wastafel, dan toilet duduk.
Untuk bath up memang tidak tersedia tapi fine-fine aja karena anak-anak, saya, dan suami cukup menikmati mandi di bawah shower yang kucuran airnya sangat deras. Ada pilihan hot and cold water.

Foto: Kamar mandi kamar 705

Urusan dekorasi kamar, memang simpel minimalis dan enak dipandang mata. Yang paling penting adalah kamarnya bersih dan nyaman.
Nah, untuk memesan tipe kamar, sebaiknya Anda benar-benar meminta yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk keluarga kecil seperti kami, memang saya recommended kamar tipe Deluxe King atau suite.
Tapi jika Anda menginap bersama teman, kamar tipe superior atau deluxe twin bisa menjadi pilihan.
Fasilitas yang tidak kalah penting yang tersedia adalah free wifi. Selama berada di hotel, kita bisa menikmati wifi dengan kecepatan terbilang tinggi dan tidak ribet.Cukup memasukkan password yang diberikan resepsionis, kemudian kita bisa berselancar di dunia maya sesuka hati. 

Hotel ini memang tidak memiliki kolam renang untuk bermain anak-anak. Tapi dengan adanya free wifi berkecepatan lumayan tinggi, anak-anak enjoy bersantai di atas tempat tidur di dalam kamar sembari menonton TV atau bermain game dan nonton youtube acara kesukaan mereka. Layar televisi yang diletakkan pas di depan tempat tidur menyajikan puluhan channel baik dalam maupun luar negeri.

Kuliner di Hotel dan Sekitarannya

Zen Rooms Near Purimas menyediakan sarapan pagi bagi para tamu yang menginap, dan sudah termasuk dalam harga kamar. Menunya tidak mengecewakan. Hari ini, ada nasi goreng kampung dengan cacahan wartel, kacang panjang, bawang bombay dan lainnya. Disediakan pula lauk ikan fillet sambal kering, dan sosis plus sayur capcai. Menu lainnya, tersedia bubur kacang hijau dan roti dengan selai srikaya. Tidak ketinggalan kopi dan teh yang menjadi minuman utama sarapan pagi. Sedangkan buahnya, tersaji potongan semangka segar.

Foto: breakfast di hotel

Jika ingin mencoba makanan lainnya, Anda bisa memilih sejumlah jenis kuliner yang dijual di sekitar hotel.  Tidak jauh dari hotel, sekitar 50 meter jalan kaki, tersedia tempat makan yang cukup terkenal yakni Mie Tarempa yang menyajikan makanan khas Melayu seperti roti gendang, mie dan kwitiau, nasi lemak, teh tarik dan lainnya.
Ada pula tempat makan bernama Otak-Otak yang juga menyajikan kuliner Melayu dan Nusantara. Letaknya hanya 30 meter dari hotel, atau tepatnya di sudut komplek hotel. Di sebelah RM Otak-Otak, ada warung mpek-mpek 158 yang rasanya sungguh nikmat (ulasan soal mpek-mpek ini saya sajikan di tulisan lainnya).
Yang suka makanan seafood tersedia tempat makan namanya Seafood Mama. Letaknya juga tidak jauh hanya sederetan hotel. Yang suka makanan Jawa tersedia Soto Batok, soto kwali dan ayam penyet, di beberapa warung sekitar hotel dengan harga hanya belasan ribu seporsi. Makanan yang juga patut dicoba adalah Mie Kering Begadang. Tempat makan ini letaknya hanya 10 meter dari hotel, tepatnya deretan sebelah kiri.

SELAMAT MENIKMATI LIBURAN ANDA! (***)


14 thoughts on “ZEN ROOMS Near Purimas, Buat Keluarga Aja Asik Apalagi Backpackers

    1. Thanks ya Mas Roy… maaf late response hehehe rada jarang buka blog. Tapi sekarang sedang digiatkan lagi. Semoga dengan bergabung di blogger kepri makin semangat!

    1. Iya Mbak Sarah…. semoga kita bisa mereview hotel-hotel lainnya…. sambil menyelam lihat yang indah-indah… hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s