Hari Buruh Batam Banjir Wisatawan

Raih Keuntungan saat Jiran Holiday

SETIAP tahun, ada fenomena menarik tentang dunia pariwisata Batam. Hari ini terjadi saat perayaan Hari Buruh Sedunia, yang jatuh pada 1 Mei setiap tahunnya. Di beberapa kota di Indonesia, termasuk Batam, demonstrasi para pekerja memang kerap menghiasi hari buruh.
Namun, disisi lain, bagi Batam hari buruh menjadi berkah karena angka kunjungan wisatawan dari luar negeri meningkat, khususnya wisawatan dari Singapura dan Malaysia.

Dari data Pelabuhan Laut Batam Centre, setiap libur hari buruh arus kunjungan wisatawan dari negeri jiran tersebut naik dari rata-rata 500-an orang per hari menjadi 5.000 orang per hari.
Arus datang dan balik dari dan ke Singapura mencapai puncaknya jika hari buruh bertepatan dengan akhir pekan (weekend). Dari pagi hingga malam, pelabuhan internasional terutama Batam Centre dan Harbour Bay, selalu dipadati dengan antrian penumpang kapal. Pada pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB, ratusan penumpang kapal yang hendak berangkat dari Batam ke Singapura sudah mulai berdiri antri untuk check in di konter-konter tiket kapal.
Penumpang yang balik pagi hari, rata-rata wisatawan yang sudah datang ke Batam sehari sebelumnya. Atrian panjang tidak hanya terlihat di depan konter tiket kapal dan pintu imigrasi, tapi hampir di setiap sudut pelabuhan tampak wisatawan berdiri berkelompok-kelompok.
Kepadatan pengunjung juga terlihat di setiap kafe dan tempat makan yang ada di pelabuhan. Seraya menunggu kapal, biasanya para wisatawan menghabiskan waktu di cafe-cafe yang ada di pelabuhan. Tentu saja, aktivitas wisatawan ini mendatangkan berkah tersendiri bagi para pedagang. (sri murni)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s