Berkayak Mengelilingi Pulau di Batam, Seru Abis!!!

Berkayak
Berkayak

Serasa Mengulang Kejayaan Bahari Nenek Moyang

INGIN mencoba serunya mendayung kayak atau kano di laut ? Cobalah objek wisata satu ini, yang tersedia di Batam. Kayaking! Berkayak disini lebih menantang karena rute yang dilalui laut luas, menyeberangi satu pulau ke pulau lain.

Tidak perlu pandai berenang untuk mengikuti olahraga air ini. Sebab, penyedia atraksi wisata ini, Sekilak Adventure dan Komunitas Budaya Bahari, tela menyiapkan semua peralatan berkayak yang sesuai standar internasional.
Life jacket (jaket pelampung) yang disediakan bisa diandalkan. Saat Anda terjatuh dari kayak ke laut, jangan takut akan tenggelam, karena secara otomatis jaket pelampung yang wajib dikenakan sebelum berkayak, akan mengapungkan Anda.
Bahkan jaket ini bisa mengapung sampai dua bulan. Ditambah lagi, setiap Anda berkayak, regu penolong sudah siap sedia mendampingi perjalanan. Regu penolong itu terbagi dua yakni tim yang menggunakan speed boat sehingga secara cepat bisa menolong Anda jika ada masalah, dan tim penolong yang juga menggunakan kayak.
Ratusan orang pemula, yang sebelumnya tidak pernah mendayung, telah mencoba mengikuti ekspedisi kayak dari satu pulau ke pulau lain. Ingat, Batam ini  memiliki 345 pulau. Anda bisa mengelilinginya setiap akhir pekan atau kapanpun Anda inginkan.
Pengalaman menarik itu dirasakan Neli, seorang peserta ekspedisi. Ia tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya begitu berhasil melewati gelombang kuat saat berada di bawah Jembatan Satu Barelang.
Walaupun dirinya baru pertama kali mengenal kayak, juga baru pertama kali mendayung, ternyata arus gelombang yang kuat tidak membuatnya gentar apalagi takut. Justru menjadi petualangan yang tidak akan terlupakan.
“Seru banget. Apalagi saat arus kuat di bawah jembatan satu barelang. Meskipun gan bisa berenang tapi rasanya aman-aman saja,” komentar singkat Neli.
Keterampilan berenang, memang bukan menjadi salah satu persyaratan wajib bagi masyarakat yang hendak mengikuti ekspedisi kayak yang dilakukan Sekilak Adventure setiap akhir pekan. Sebab, masing-masing peserta dibekali gengan pelampung yang berstandar internasional. Seandainya pun terjatuh ke laut, pelampung tersebut bisa menahan beban badan dan tetap mengapungkannya ke permukaan.
Kenyamanan dan keamanan peserta bisa dirasakan karena kayak touring yang digunakan adalah jenis double (dua orang satu kayak). Setiap kayaknya terdiri dari satu peserta baru dan satu instruktur. Peserta ditempatkan di depan sedangkan instruktur di belakang. Merekalah yang memegang kendali kemudi kayak dan sekaligus yang akan memberikan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu.
Rute-rute pendek yang biasa dilalui para kayakin, adalah star dari Tiawangkang (Jembatan Satu Barelang) ke Pulau Aur, Pulau Panjang, Pulau Bali, dan pulau lain di sekitar Jembangan Barelang.
Pada momen-momen tertentu (satu kali sebulan) ekspedisi biasanya ke pulau yang lebih jauh. Bahkan pada 2007 lalu, para ekspeditor kayak melakukan ekspedisi dari Batam ke Pulau Penyengat. Rombongan berangkat dari Jembatan Empat Barelang sekitar pukul 05.00 WIB dan sampai ke Pulau Penyengat sekitar pukul 16.00 WIB.
Terbanyangkan jauh dan serunya di perjalanan. Apalagi, di tengah perjalanan kami menyinggahi pulau-pulau kecil, salah satunya Pulau Sorek. Disini kita bisa melakukan snorckling melihat indahnya karang dan ikan-ikan di laut. (sri murni)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s