Indonesia Terancam Kehilangan ZEE

INDONESIA terancam kehilangan kekuasaan atas laut zona economi ekslusif, jika tidak cepat-cepat membentuk Penjaga Laut dan Pantai Indonesia atau Indonesia Sea and Coast Guart (ISCG). Sebab, tidak lama lagi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera menetapkan United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) empat. Salah satu isinya adalah bagi negara yang tidak mampu mengelola ZEE-nya maka akan diambil PBB guna dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.
Demikian pernyataan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam Nada Faza Soraya kepada sejumlah wartawan, Senin (16/6) di kantornya. Sebab itu, Kadin bekerjasama dengan Pemko Batam dan Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (YPMI) mendesak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono untuk sesegera mungkin membentuk ISCG sehingga ada badan negara yang tetap menjaga kelautan Indonesia.
“Saya sangat khawatir dengan kondisi dan masa depan kedaulan kelautan Indonesia. Kita sebagai negara kepulauan dan kelautan sampai sekarang belum memiliki ISCG yang merupakan lembaga wajib yang harus dimiliki sebagai negara kepulauan dan kelautan,”kata Nada.
Tidak hanya ISCG yang segera dibentuk, namun, wanita berkerudung itu juga mengusulkan agar secepatnya DPR dan MPR-RI melakukan amandemen Undang-undang Dasar 1945 dengan penambahan di salah satu pasalnya  bahwa Indonesia adalah negara kepualauan yang berwawasan nusantara sesuai dengan Deklarsi Juanda.
“Saya 12 Desember 2004 lalu mengikuti seminar rancangan UNCLOS 4 yang diselenggarakan di Yogyakarta. Salah satu isinya adalah merencanakan pengambil alihan oleh PBB untuk ZEE jika negara yang memilikinya tidak memanfaatkan dengan baik. Ini sangat meresahkan dan harus diantisipasi. Jangan sampai kita kehilangan wilayah kedaulatan di laut,”kata Nada.
Untuk itu, Kadin Batam dan YPMI telah mengirimkan kajian dan rancangan pembentukan ISCG serta usulan amandemen UUD 1945 kepada MPR, sekitar 10  hari lalu. “Sampai sekarang memang belum ada tanggapan,”akunya.
Ditegaskan, desakan kepada pemerintah pusat akan terus dilakukan. Pada Rabu, 25 Juni mendatang, Kadin Batam dan Pemko Batam akan menggelar seminar dan dialog tentang Peranan Penjaga Laut dan Pantai Indonesia atau ISCG dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Karimun.
Seminar tersebut dimaksudkan bisa mengumpulkan ide-ide yang nantinya akan dijadikan rekomendasi kepada pemerintah pusat. Secara dasar hukum, Indonesia telah memiliki pegangan untuk pembentukan ISCG dengan telah disahkannya Undang-undang Pelayaran nomor 17 tahun 2008 yang isinya menetapkan pembentukan ISCG untuk menjamin terselenggaranya keselamatan dan keamanan di laut.
Acara seminar yang bakal diselenggarakan di i hotel Batam menghadirkan lima pembicara yakni Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam Syamsul Bahrum, Kepala Direktorat Pendidikan Angkatan Laut RI Laksda Sunaryo, Ketua Indonesia Nation Ship Owner Assotion Asosiasi (INSA) Batam Zulkifli Amura, dan Ketua Pelayaran Rakyat (Pelra) Asmadi.
“Kami juga mengundang seluruh kepala daerah yang ada di Kepri dan delapan provinsi kepulauan yakni Gorontalo, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, NTT, NTB, Maluku, dan Maluku  Utara,”terang Nada. Diharapkan, setelah adanya rekomendasi hasil semenar nantinya, tahun ini ISCG bisa langsung dibentuk presiden. “BBK siap menjadi pilot projeck ISCG karena  kita telah memiliki PP tentang FTZ dan pelabuhan bebas. ISCG juga bertujuan untuk menyukseskan pelaksanaan FTZ,”tambahnya. (sri murni)


One thought on “Indonesia Terancam Kehilangan ZEE

  1. nix.. aku andres..masih ingat kan?.. : ).. apa kabar kamu sekarang?.. kangen pengen ngobrol dan cerita2 banyak ama kamu.. kalo kamu ada waktu, kapan-kapan kita ngobrol di chatting yaa.. ada sesuatu yang ingin aku diskusiin ama kamu.. penting banget lho nix.. : ).. kalo kamu bisa.. pm aku di YM.. id aku urang_barat@yahoo.com atau bals3m_g0s0nk@yahoo.com..add id aku ya nix… aku online terus .. salam buat kawan2 di TRibun BATam.. kangen banget pengen ke batam.. oke ya nix… sekian dulu.. smoga kita bisa cepat ngobrol di chat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s